10 Tips Jitu Agar Pengajuan Visa Kamu Tembus Dengan Mudah

Mungkin kamu sudah sering mendengar jika mengajukan visa yang digunakan untuk berkunjung ke sebuah negara merupakan proses yang sulit dan banyak orang yang mengalami kegagalan. Memang, proses membuat visa tersebut tidaklah gampang untuk dilakukan dan seringkali juga harus menghadapi kenyataan jika visa yang diajukan ditolak dan kamu tidak bisa berkunjung ke negara tujuan kamu. Supaya hal ini tidak terjadi, kali ini kita memiliki beberapa tips dan trik supaya pengajuan visa kamu bisa diterima dengan mudah.

1. Isi Formulir Pengajuan Visa Sebaik Mungkin

Setiap negara tentu mempunyai kebutuhan jenis visa yang juga berbeda seperti visa working holiday, visa turis, visa bisnis dan jenis visa lainnya. Untuk itu, setiap formulir pun pasti berbeda-beda isinya sehingga kamu harus lebih teliti dalam mengisi formulir tersebut dan pastikan juga kamu mengisi formulir yang sama dengan destinasi negara tujuan kamu.

2. Menyiapkan Dokumen Dengan Lengkap

Supaya visa yang kamu ajukan bisa diterima dengan lancar, maka kamu harus menyiapkan segala dokumen penting dengan lengkap seperti saat kamu membuat paspor. Seringkali banyak kedutaan besar yang menolak visa karena dokumen belum lengkap. Pastikan semua dokumen yang harus ada saat ingin mengajukan visa kamu persiapkan sebelumnya.

Beberapa dokumen penting yang harus kamu persiapkan selain paspor sebagai dokumen utama adalah tiket penerbangan pulang pergi, pas foto, tanda bukti reservasi atau pemesanan hotel, surat keterangan, bukti laporan keuangan, rencana perjalanan dan juga asuransi. Namun, selain beberapa dokumen diatas, beberapa kedutaan di Indonesia juga mungkin akan meminta dokumen penting lain yang dibutuhkan dan sebagai tindakan berjaga-jaga, maka sebaiknya kamu bawa juga akte kelahiran dan juga kartu keluarga kamu yang asli.

3. Bukti Keuangan

Persiapan lain yang harus kamu lakukan adalah bukti finansial yang kamu miliki. Sebab, semua negara hampir seluruhnya mewajibkan pengunjung untuk menyertakan bukti laporan keuangan selama 3 bulan terakhir. Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pembuatan visa, ada baiknya kamu atur rekening keuangan kamu dengan baik dan hindari untuk transfer uang dalam jumlah yang besar dalam 3 bulan terakhir tersebut.

Ini harus kamu perhatikan, sebab pihak kedutaan akan curiga saat kamu mengajukan visa dan pastikan juga kamu memiliki dana cukup dalam tabungan untuk biaya perjalanan selama liburan ke negara yang akan kamu sambangi tersebut. Sedangkan untuk jumlah uang minimum yang ada di rekening kamu tidak selalu akan diberitahukan. Ada baiknya kamu sudah memiliki dana cukup untuk melakukan perjalanan dan kebutuhan saat kamu berkunjung ke negara tersebut. Sebagai contoh jika kamu ingin mengajukan visa ke Belanda, maka setidaknya kamu harus memiliki minimal jumlah uang di rekening sebesar 30 Euro dikalikan dengan berapa hari kamu ada di Eropa.

4. Lakukan Interview Dengan Percaya Diri

Untuk beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat dan juga beberapa negara Eropa lain mengadakan tahap interview saat proses pengajuan visa. Apabila dibandingkan, interview yang dilakukan untuk pembuatan visa ke negara Eropa tergolong lebih mudah dibandingkan dengan Amerika.

Sesi interview ini dilakukan, sebab pihak kedutaan mengkhawatirkan jika pembuat visa tersebut tidak kembali ke tanah air sesudah berkunjung ke negara tersebut. Oleh karena itu, saat kamu melakukan interview maka lakukan dengan penuh percaya diri saat menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Petugas dari pihak kedutaan akan mengajukan pertanyaan supaya yakin dengan tujuan kamu termasuk tempat tinggal dan tanggal kepulangan. Apabila ada jawaban kamu yang kontradiktif, maka kemungkinan visa yang kamu ajukan akan ditolak.

5. Buat Resume Paspor dan Visa Yang Baik

Saat kamu akan mengajukan visa, hal berikutnya selain interview yang akan menjadi bahan pertimbangan adalah jumlah cap atau stempel yang ada di paspor kamu yakni berapa banyak negara yang sudah pernah kamu datangi, berapa visa yang sudah kamu miliki dan juga seberapa sering kamu sudah berkunjung ke luar negeri.

Apabila paspor yang kamu miliki masih kosong, ini menyebabkan pastinya akan lebih sulit saat mengajukan visa ke Amerika dibandingkan ke tujuan negara lainnya. Jadi, pastikan kamu membangun resume paspor nda visa kamu lebih dulu saat ingin mengajukan visa ke negara yang lebih sulit seperti Amerika Serikat. Kamu bisa mengunjungi beberapa negara yang tidak memerlukan visa atau negara yang proses pengajuan visa-nya masih tergolong mudah dan barulah kamu mengajukan pembuatan visa ke negara yang tergolong sulit tersebut.

6. Menyiapkan Surat Sponsor Jika Tersedia

Jika kamu mempunyai teman, keluarga atau orang yang dikenal yang memberikan kamu sponsor khususnya jika orang tersebut adalah imigran, maka kamu bisa copy paspor orang tersebut dan jangan copy KTP. Sebab, banyak juga imigran gelap yang juga memakai ID plasu.

7. Menyiapkan Dokumen Atau Surat Pendukung

Kamu juga perlu menyiapkan dokumen pendukung yang diperlukan pada saat proses wawancara seperti buku tabungan, rekening koran, surat keterangan kerja, kepemilikan aset, slip gaji atau surat undangan perjalanan ke negara tersebut jika ada. Bawa beberapa dokumen asli tersebut dan jangan foto copy-nya.

8. Menyiapkan Bukti Tes Bahasa Inggris IELTS dan TOEFL

Beberapa negara tujuan juga membutuhkan kamu untuk membawa hasil tes bahasa Inggris yang masih berlaku seperti IELTS atau TOEFL. Hasil kedua tes tersebut biasanya berjangka waktu selama 2 tahun dari tanggal dikeluarkan. Siapkan juga bukti hasil kedua tes tersebut supaya visa yang kamu ajukan juga lebih mudah diterima, khususnya untuk kamu yang ingin mengajukan visa pelajar.

Kamu bisa menghubungi universitas kamu jika memang ada persyaratan tentang pengajuan visa tersebut dan umumnya pihak universitas juga sudah dilengkapi dengan bagian khusus dalam membantu mahasiswa yang mendapatkan visa atau bisa juga menghubungi agen pendidikan terdekat apabila kamu butuh bantuan dalam mengurus visa pelajar kamu.

9. Mencari Informasi Lebih Banyak

Kamu juga bisa bertanya dengan teman atau kerabat kamu yang sebelumnya sudah pernah membuat visa ke tujuan negara serupa dengan kamu sehingga informasi tentang visa ke negara yang kamu akan datangi bisa didapat dengan lebih terperinci. Tanya berbagai persyaratan yang dibutuhkan dan bagaiamana cara paling baik supaya visa kamu bisa diterima dan meminimalisir terjadinya kegagalan yang banyak dialami orang lain.

10. Sertakan Bukti Pemesanan Penginapan

Persiapkan juga bukti jika kamu sudah melakukan pemesanan penginapa di negara tujuan kamu dengan status confirmed. Ini sangat diperlukan supaya pihak kedutaan mengetahui dengan pasti dimana lokasi kamu akan menginap saat berada di negara tujuan.

The post 10 Tips Jitu Agar Pengajuan Visa Kamu Tembus Dengan Mudah appeared first on Harian Gadis.