10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Cewek Ekstrovert

Setelah jejang sekolah menengah sudah usai, kini giliran kamu memilih jurusan kuliah yang pas dan sesuai dengan kepribadian dirimu. Berbeda dengan cewek introvert yang cocok dengan jurusan kuliah yang cenderung lebih serius. Cewek dengan kepribadian ekstrovert justru lebih cocok dan sesuai dengan jurusan yang berhubungan dan memiliki interaksi langsung dengan orang – orang di sekitarnya.

Jawabannya tentu karena pribadi ekstrovert lebih mudah bergaul dan cenderung suka berinteraksi secara sosial serta senang dengan kegiatan outdoor. Jadi bila kamu termasuk cewek ekstrovert, salah pilih jurusan yang tidak sesuai dengan kepribadianmu bisa saja berakibat fatal. Tak cuma bikin kamu stres dan tertekan tapi juga buruk bagi masa depanmu nanti. Karenanya jangan salah pilih jurusan ya?

Ini Dia, Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu si ‘Cewek Ekstrovert’

1. Hukum

Cewek dengan pribadi yang ekstrovert cenderung mudah bosan dengan sesuatu kegiatan yang monoton, dan jurusan kuliah hukum sangat sesuai dengan pribadi cewek ekstrovert. Sebab, di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang banyak seluk beluk tentang ilmu hukum. Didalamnya selain mempelajari berbagai macam kasus, juga menuntut kamu untuk aktif dalam sebuah diskusi agar mampu mengasah pemikiran menjadi lebih kritis dan tajam.

Jenjang karir yang bisa didapat pun tak melulu sebagai pengacara, advokat maupun aparat hukum saja namun juga tidak menutup kemungkinan untuk jenis pekerjaan lainnya yang masih berhubungan. Misalnya saja seperti dalam bidang keuangan, bisnis maupun jurnalisme.

2. Seni Drama

Jiwa seorang ektrovert yang lebih terbuka dari pada introvert akan sangat sesuai bila memilih jurusan kuliah seni. Ada banyak jurusan seni, namun yang lebih sesuai ialah seni drama dan pertunjukan. Tahu kenapa? Sebab, seorang ekstrovert sangat suka menjadi pusat perhatian dan dalam jurusan seni drama ini tentunya bisa lebih mengasah kemampuannya untuk bisa mengekspresikan jiwanya dalam sebuah karya seni yang menarik.

Tak hanya menjadi seorang penampil, dalam seni drama banyak yang bisa dipelajari termasuk manajemen dan budaya. Karena seni memang tak pernah bisa dilepaskan dari sebuah budaya.

3. Public Relation

Secara umum dari namanya sudah tergambar apa yang akan dipelajari dalam jurusan Public Relation, yakni sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya berhubungan secara sosial dan membangun image yang positif. Dan tentu ini sangat sesuai dengan kamu para cewek ekstrovert yang memang lebih suka berinteraksi secara sosial.

Jurusan ini menuntut kamu untuk bisa berpikir secara kreatif dan kritis serta pandai dalam mengkoordinir sesuatu kegiatan juga memiliki kecakapan baik secara verbal maupun lisan. Sehingga sayang bila kamu melewatkan kesempatan belajar di jurusan ini karena prospek karirnya pun cukup menarik.

4. Pemasaran

Berbicara mengenai pemasaran, tentu ini sangat berhubungan dengan interaksi secara sosial dalam memasarkan sesuatu baik barang maupun jasa. Dalam dunia pemasaran kamu akan mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan promosi dan teknik – teknik yang digunakan dalam pemasaran. Baik menganalisis dan membaca data untuk menentukan produk dan target yang sesuai.

Mengapa ini sesuai dengan para ekstrovert, sebab dunia pemasaran sangat kental dengan interaksi yang intens dan karena memang seorang ekstrovert sangat mampu untuk melakukan hal tersebut.

5. Pendidikan

Banyak jurusan yang bisa dipilih dalam jurusan perkuliahan pendidikan, karena fokus utamanya memang menciptakan tenaga pengajar yang handal. Dan kamu para ekstrovert pastilah cocok dengan jurusan kuliah ini, sebab dalam dunia pendidikan interaksi sosial sangatlah dibutuhkan.

Terlebih lagi seorang ekstrovert yang berpikiran terbuka dan mudah bergaul akan dapat dengan mudah membaur dengan orang lain, sangat cocok sebagai seorang tenaga pendidik.

6. Pariwisata

Berkutat dibalik meja dengan banyak rutinitas yang itu – itu saja bisa membuat kamu para ekstrovert stres dan pusing. Kamu yang lebih suka sesuatu yang bebas dan bisa lebih banyak bertemu orang – orang baru dan berinteraksi dengan mereka. Karenanya jurusan pariwisata akan sangat sesuai dengan passion kamu tersebut.

Sebab dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari tentng dunia pariwisata secara lebih mendalam bagaimana tentang memaksimalkan potensinya dan juga budaya yang ada didalamnya. Karenanya kamu yang berjiwa petualang macam ekstrovert tidak akan salah bila memilih jurusan ini sebagai mata kuliah.

7. Sosiologi

Berinteraksi secara langsung dengan orang banyak merupakan hal yang sangat disukai oleh para ekstrovert, karena mampu membuatnya mendapatkan energi untuk dirinya sendiri. Dan ilmu sosiologi yang memang mempelajari tentang hungungan antara perilaku manusia dalam berinteraksi dari masa ke masa akan membuat semakin menarik untuk dipelajari.

Dalam perkuliahannya sendiri lebih mengedepankan interaksi secara verbal dalam sebuah diskusi yang membahas tentang banyak aspek kehidupan sosial dalam masyarakat. Tentu menarik karena memang seorang ekstrovert sangat menyukai suasana tersebut.

8. Kedokteran

Masuk ke dalam jurusan kuliah kedokteran bukanlah perkara yang mudah karena kamu dituntut harus memiliki banyak kecakapan yang luar biasa dalam bidang akademik. Tak hanya menuntuk kemampuan akademis tetapi kamu pun juga harus cakap dalam membangun interaksi sosial, misalnya bersikap ramah dan terbuka.

Ini karena jurusan kedokteran sangat berhubungan dengan layanan masyarakat yang menuntut kamu harus selalu mampu berinteraksi secara baik dengan siapapun tanpa memandang apapun. Karenanya kamu yang ekstrovert dan memiliki kecakapan akademik yang baik tak ada salahnya memilih jurusan kedokteran.

9. Kebidanan

Tak jauh berbeda dengan jurusan kuliah kedokteran, kebidanan yang juga masih dalam ilmu kesehatan sangat cocok buat kamu cewek ekstrovert. Karena dalam profesinya sendiri menuntut interaksi yang sangat baik antara bidan dengan pasiennya. Disini kamu akan banyak mempelajari tentang kesehatan yang lebih fokus pada ibu hamil dan bayi.

10. Agribisnis

Dunia pertanian sangatlah luas dan tidak terbatas hanya pada sawah dan ladang saja karena banyak ilmu yang menarik untuk dipelaari dan tentunya sesuai dengan kepribadian ekstrovert yang cenderung aktif secara sosial. Seperti agribisnis misalnya atau dalam ilmunya dikenal sebagai Sosial Ekonomi Pertanian.

Didalamnya kamu akan mempelajari tentang bagaimana memanage sumber dayanya, misalnya dari segi manusia dan ekonomi agar dapat membantu mengelola dan membuat sebuah pertanian menjadi lebih maju.

Demikian beberapa jurusan yang cocok untuk cewek ekstrovert semoga bisa memberikan inspirasi untuk memilih jurusan yang tepat sesuai minat yang ada dalam diri. Belajar di perguruan tinggi merupakan cita – cita banyak orang, karenanya jangan sia – siakan waktumu dengan memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan pribadi dan minatmu. Pilih apa yang kamu cintai, dan semua kesulitan akan terasa mudah.

The post 10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Cewek Ekstrovert appeared first on Harian Gadis.