10 Alasan Mengapa Usia 20 Tahun Merupakan Waktu Yang Tepat untuk Travelling

Bisa dikatakan bahwa hidup ini merupakan sebuah rangkaian perjalanan, dimana kamu akan melewati berbagai fase dengan tingkat komplektivitas berbeda-beda. Semakin bertambah umur, tentu tanggung jawab yang harus ditanggung juga akan semakin bertambah. Kamu perlu mengingat bahwa masa muda merupakan refleksi yang akan kamu dapatkan nanti di masa tua. Sehingga jangan sampai ada penyesalan di masa tua karena kamu belum merasakan semua pengalaman menyenangkan, salah satunya traveling. Berdasarkan hasil survei sebuah perusahaan travel di Inggris, sebanyak ¾ dari 2000 responden mengaku menyesal karena tidak sering traveling saat masih muda.

Nah, mumpung sekarang masih muda, sebaiknya kamu mencari pengalaman sebanyak-banyaknya melalui traveling. Bisa dibilang usia 20 tahun-an awal merupakan waktu yang paling ideal untuk memperbanyak traveling. Lebih mantab lagi apabila kamu mencoba solo traveling sesekali supaya mental lebih kuat. Lalu apa sih sebenarnya manfaat traveling? Dengan traveling, kamu bisa semakin menyadari bahwa dunia ini sebenarnya sangat luas. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapat saat traveling antara lain menambah wawasan terhadap suatu tempat, bisa bertemu dengan orang-orang baru, mengenal kebudayaan baru, belajar mandiri, mengurangi stres, hingga belajar bahasa baru. Banyak kan? Kamu juga perlu mengetahui beberapa alasan mengapa usia 20 tahun dikatakan tepat untuk memperbanyak traveling.

1. Usia 20 tahun termasuk permulaan

Usia 20 tahun termasuk permulaan. Sebenarnya tidak ada salahnya apabila kamu memulai traveling di bawah umur 20 tahun, atau bahkan di atas usia 30 tahun. Namun usia 20 tahun dianggap tepat karena seseorang biasanya telah memiliki sikap dewasa secara fisik dan mental. Dari segi pemikiran dan ketegasan dalam menentukan segala hal juga lebih baik. Umur 20-an merupakan permulaan, sehingga kamu belum terikat dengan apapun jika belum menikah. Tentu kamu bebas melakukan apa saja, termasuk traveling ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

2. Tuntutan hidup yang belum tinggi

Ingat, semakin bertambahnya umur maka akan semakin tinggi juga tuntutan hidup yang harus dipenuhi. Sebelum kamu dihadapkan pada tuntutan hidup yang lebih kompleks dan tinggi, kamu harus menikmati masa mudamu terlebih dahulu. Saat berada di usia 20 tahun awal, sekitar 20 sampai 24 tahun, tentu tuntutannya belum seberat saat berusia 25 tahun.

3. Mempunyai tabungan yang cukup & kesehatan bagus

Saat berusia 20 tahun-an, biasanya kamu sedang giat-giatnya bekerja. Kebutuhan juga belum terlalu banyak karena belum berumahtangga. Kamu bisa menggunakan tabungan tersebut untuk traveling. Menyenangkan bukan, bisa traveling dengan uang sendiri? Bukan dari hasil meminta orang tua. Selain itu, biasanya saat berada di usia 20-an, kondisi kesehatan seseorang masih dalam standar yang cukup baik. Baik dari segi kekuatan fisik dan mental. Sehingga melancong ke tempat jauh pun tidak menjadi masalah.

4. Mempunyai banyak waktu

Saat menginjak usia 20 tahun biasanya kamu memang akan memiliki jadwal yang super padat. Namun tentu waktu yang kamu miliki lebih banyak karena tenaga masih full. Fisik yang kamu miliki masih kuat untuk bekerja setelah traveling. Menariknya lagi, saat kamu melakukan traveling di usia muda, tentu kamu bisa mendapatkan banyak ide maupun inspirasi.

5. Wawasan akan dunia semakin terbuka

Saat traveling, secara tidak langsung wawasanmu akan dunia pasti semakin terbuka. Misalnya saja pengalaman saat sedang menikmati keindahan Gunung Bromo, menikmati sejuknya Kota Batu Malang, hingga melihat Menara Eiffel di Paris. Tentu semua pengalaman tersebut bisa memberikan warna berbeda di dalam hidupmu. Kamu hanya bisa mendapatkan pengalaman menarik tersebut saat melakukan perjalanan.

6. Mencari pertemanan yang lebih luas

Tentu mempunyai banyak teman tidak pernah ada ruginya, malahan semakin menguntungkan. Apabila kamu sering traveling, kamu bisa berkesempatan mendapatkan teman yang lebih banyak. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah dengan latar belakang yang berbeda-beda.

7. Bisa menjadi lebih berempati

Perlu kamu ketahui bahwa traveling bisa membuat kita lebih berempati dengan sesame. Pada dasarnya anak muda cenderung sering bersikap cuek dengan sesame atau lingkungan sekitar. Saat kamu melakukan traveling, tentu kamu akan melihat berbagai keadaan baru yang sebelumnya mungkin belum pernah kamu ketahui dan lihat. Semakin banyak perjalanan yang kamu lakukan, maka akan semakin banyak juga kondisi baru yang kamu temui. Kamu pun bisa menjadi lebih peka rasa dan berempati untuk membantu sesama. Biasanya dengan traveling, kamu bisa menumbuhkan sisi kemanusianmu, bahkan mengubah cara pandangmu terhadap dunia. Menarik kan?

8. Bisa melihat berbagai perbedaan budaya

Tidak cukup jika kamu ingin mengetahui perbedaan budaya, namun hanya melihatnya di koran, majalah, buku, internet, atau televisi saja. Tentu semuanya akan lebih menarik apabila kamu benar-benar melihat budaya tersebut secara langsung. Tentu yang kamu lihat dari media biasanya hanya sisi-sisi kecilnya saja yang didokumentasikan.

9. Hidup itu singkat

Ingat, hidup itu singkat. Siapa saja di dunia ini pasti akan meninggal cepat atau lambat. Kematian memang mengancam siapa saja dari berbagai usia. Sebaiknya sebelum ajal menjemput, kamu harus menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang ada di seluruh dunia. Jangan sia-siakan waktu mudamu hanya untuk bekerja saja. Bisa jadi kamu akan menyesal saat ingin traveling tapi badan sudah renta. Gunakan waktu sebijak dan sebaik mungkin supaya tidak menyesal di kemudian hari.

10. Kamu bisa bercerita dengan anak-cucu kelak

Pengalamanmu traveling saat masih muda tentu bisa menjadi sebuah harta karun yang tidak ternilai harganya. Kamu bisa menceritakan pengalaman-pengalaman menarik tersebut kepada anak-cucumu kelak. Tentu saja kamu bisa bercerita beragam keindahan objek wisata yang benar-benar pernah kamu lihat secara nyata.

Itu tadi beberapa alasan mengapa saat kamu berusia 20 tahun-an, kamu harus memperbanyak traveling. Jangan pernah perlakukan dirimu sebagai robot saat masih muda. Bekerja keras boleh, namun jangan lupa untuk menikmati indahnya dunia. Selagi masih sehat dan mampu, segera rencanakan petualanganmu!

The post 10 Alasan Mengapa Usia 20 Tahun Merupakan Waktu Yang Tepat untuk Travelling appeared first on Harian Gadis.