10 Alasan Liburan ala Backpacker Wajib Dicoba!

Dijaman milenial ini traveling sepertinya menjadi agenda yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Tetapi masalah yang sering kita jumpai adalah terhalang budget yang pas atau bahkan minim. Kalau sudah seperti ini solusi terbaik agar liburan tetap terlaksana adalah Kamu bisa melakuakn liburan dengan ala bacpakcer. Cara ini adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah budget yang minim. Percaya deh liburan ala backpacker ini tidak akan membuat liburan kamu terasa sengsara justru dengan cara ini kamu akan mendapatkan kenikmatan tersendiri dari liburan kamu.

Berikut 10 Alasan Serunya Liburan ala Backpacker!

1. Menghemat budget liburan

Ini memang menjadi alasan pertama mengapa orang memilih liburan ala backpacker. Jika dibandingan menggunakan jasa travel tour liburan ala backpacker jauh lebih menghemat budget liburanmu. Jika kamu menggunakan jasa travel tour mungkin kamu hanya bisa pergi ke satu kota atau negara tapi dengan backpacker kamu bisa explore lebih banyak tempat dengan budget yang sama.

2. Meningkatkan jiwa petualang

Liburan ke kota atau negara lain yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya dengan jasa travel tour mungkin akan memudahkan kita untuk mengurus segalanya. Akan tetapi untuk sebagaian orang khususnya anak muda liburan dengan jadwal yang sudah disusun rapi akan membuat perjalanan menjadi lebih membosankan.

Berbeda jika kita backpacker. Ketempat baru akan membuat kita bisa menggali jiwa petualang yang ada didalam diri. Kita bebas kemana saja, berapa lama waktu untuk stay diwilayah tersebut dan sebagainya. Inilah bedanya liburan ala backpacker dengan menggunakan jasa travel tour. Kita bisa lebih banyak waktu untuk mengexplore satu tempat sesuai yang kita inginkan. Jika biasanya kamu sering bepergian ke luar kota ataupun Negara dengan menggunakan jasa travel, tentunya segalah sesuatu mulai dari transportasi, penginapan, bahkan daftar tempat wisata sudah dipersiapkan dan pengalaman seperti ini tidak akan terlupakan.

3. Bebas mengatur waktu berlibur

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin no 2. Liburan ala backpacker, baik sendiri ataupun bersama dengan banyak teman tentu akan membuat kamu bisa lebih bebas mengatur waktu yang digunakan selama berlibur.

Kamu bisa menetapkan berapa lama waktu berlibur di kota atau Negara tersebut hingga berapa banyak wisata yang akan kamu kunjungi. Tentunya kebebasan ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan jasa travel. Lebih terasa menyenangkan bukan?

4. Melatih kemandirian

Alasan lainnya mengapa berlibur backpacker wajib untuk dicoba adalah dapat melatih kemandirian di dalam diri kita. Hal ini tentunya sangat baik untuk kamu yang ingin belajar jauh lebih mandiri dari sebelumnya. Selain itu, backpacker juga menjadi cara yang mudah dan seru agar kita bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru.

Misalnya saja, jika selama ini kamu selalu memanfaatkan sesuatu yang instan dan mudah, seperti tidur di tempat yang bagus dan nyaman dengan cara backpacker ini tentunya kita bisa belajar untuk dapat menyiapkan segala sesuatu dengan sendiri serta bisa beradaptasi di segala kondisi yang kita hadapi saat itu pula.

Selain itu kemandirian kita juga akan terlatih saat banyak masalah yang muncul ketika berlibur. Tentunya hal ini akan menuntut kita agar bisa jauh lebih mandiri serta menyelesaikan masalah sendiri dan tepat. Sehingga secara tidak langsung backpacker akan membuat kita mengalami perubahan yang cukup besar di dalam hidup.

5. Mengenal beragam budaya baru

Yang membedakan backpacker dengan non backpacker sebenarnya adalah tujuan dari liburan yang dilakukannya. Jika pada umumnya non backpacker lebih menyukai liburan yang bertujuan untuk berwisata belanja.

Berbeda dengan backpacker, cara ini lebih bertujuan pada mengenal kota atau Negara tersebut dari sisi yang berbeda, misalnya saja pada budaya dan alamnya. Sehingga dengan liburan ala backpacker tentu saja kita bisa mengeksplor banyak tempat serta dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Dengan cara ini pula tentu anda akan lebih mengenal budaya dari tempat tersebut.

6. Lebih banyak pilihan tempat untuk dikunjungi

Liburan menggunakan jasa tour and travel, membuat kamu hanya bisa mengunjungi tempat-tempat yang sudah masuk ke dalam list saja. Berbeda dengan backpacker tentu saja akan membuat kamu memiliki banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi.

7. Mudah berpindah lokasi

Ketika kita berlibur dengan gaya backpacker, tentu saja semuanya akan bebas sesuai dengan keinginan kita. Sehingga berpindah-pindah lokasi dengan sangat mudah dilakukan tanpa perlu melapor dengan orang lain.

8. Menemukan banyak teman baru

Manfaat lainnya dari liburan ala backpacker adalah kita bisa menemukan banyak teman baru yang mungkin memiliki hobi yang sama dengan kita. Tentunya akan banyak orang yang bisa kita ajak diskusi untuk bertukar ilmu dan pengetahuan. Sehingga banyak wawasan baru yang kita dapatkan selama berlibur. Dapat dikatakan jika liburan yang kita jalani tak hanya dapat melepas stress namun juga bisa membuat jaringan pertemanan dan sosialisasi kita lebih luas.

9. Lebih banyak improvisasi

Liburan ala backpacker tentunya tidak membutuhkan planning yang rapi seperti saat berlibur dengan menggunakan travel. Tentunya banyak hal yang bisa terjadi di luar dari yang direncanakan. Misalnya saja ketika kita berencana menginap di hotel A, namun karena lokasinya yang kurang strategis maka tentu saja membuat kita harus mencari alternative lainnya sebagai tempat penginapan. Hal-hal tak terduga ini yang membuat kita harus banyak improvisasi dan tentu saja membuat liburan terasa lebih seru dan tak terlupakan.

10. Membuat pengalaman berlibur tak terlupakan

Karena liburan yang kita jalani berbeda dari biasanya tentunya banyak hal-hal yang tak terduga dapat terjadi. Meskipun terkadang hal-hal tak terduga itu membuat ribet dan melelahkan, namun sebenarnya hal ini pula yang menjadi sensasi tersendiri yang membuat momen liburan menyenangkan dan tidak akan terlupakan.

Nah itu tadi beberapa alasan mengapa kita harus mencoba liburan ala backpacker. Backapacker ini tak hanya bisa kamu gunakan di dalam kota saja, namun juga bisa digunakan untuk berlibur hingga ke luar negeri.

The post 10 Alasan Liburan ala Backpacker Wajib Dicoba! appeared first on Harian Gadis.